:: Humas | Pemkab Penajam Paser Utara ::

Register

Ternyata Bisa Kok, Duit Rp 10 Miliar Bisa Bangun Jalan 90 Km dan Alat Berat

 

 

 

PENAJAM - Wajar ketika ada yang tidak percaya kalau uang Rp 10 miliar bisa digunakan untuk membangun jalan sepanjang 90 kilometer, lengkap dengan pengadaan sejumlah alat berat. Termasuk membangun drainase, jalan usaha tani, hingga jembatan. Dalam kalkulasi proyek normal, pasti tak ada kontraktor yang berani mengerjakan. Alih-alih berharap untung, hasilnya pasti rugi.

 

Tapi dengan program unit pelaksana teknis (UPT) kecamatan, pekerjaan itu bisa selesai. Hal tersebut terbukti di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU). “Saya sudah lihat sendiri di lapangan. Selama dua tahun, mulai 2014-2015, dengan kucuran dana Rp 10 miliar, banyak jalan baru terbangun, hampir di seluruh desa dan kelurahan. Program UPT kecamatan ini memang tepat sasaran,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum PPU, Alimuddin.

Lalu bagaimana ceritanya uang Rp 10 miliar hasilnya maksimal. Menurut Alimuddin, anggaran tersebut dibelikan alat-alat berat yang menjadi aset daerah. Nah, alat itulah yang dipakai untuk bekerja, sehingga tak perlu sewa dari pihak ketiga. Untuk tenaga kerja, memberdayakan masyarakat setempat. “Tinggal membeli material. Jadi sangat hemat,” jelas Alimuddin. 

Khusus di Sepaku, dia sudah road show ke seluruh kecamatan. Hasilnya, tinggal beberapa daerah yang belum tersentuh, seperti Desa Tengin Baru, Desa Bumi Harapan, dan Desa Bukit Subur. “Tapi saya sudah instruksikan untuk segera membuat proposal dan diajukan ke kecamatan. Pada 2016 langsung dikerjakan,” kata Alimuddin.  (ind/ica/k16)

 

 

 

© 2015 Kehumasan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Telepon : 0542 7211400 Fax : 0542 7211515 e-Mail : [email protected]

Top Desktop version

twn Are you sure that you want to switch to desktop version?